Mulyanti’s Blog

KESIMPULAN dan SARAN

Sebelum di baca, gw mau kasih tau dulu ya…
di bawah udah gw tulis metode penelitianya, kesimpulan, skalian juga gw tulis sarannya…
jadi nanti yanti ga usah pusing lagi, tinggal edit aja di word, klo ada yang salah nanti hub gw aja…
skarang silahkan deh di baca hasilnya…

inget ya di baca sampai habis, jgn stengahnya aja..MSN Onion Icons

  1. METODE PENELITIAN

1.  Data

Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer. Data primer adalah data diperoleh secara langsung oleh peneliti dari sumber data. Dalam penelitian hukum, data primer dapat berupa informasi/keterangan mengenai persepsi/kesadaran/pengetahuan hukum mahasiswa yang diperoleh dari hasil kuesioner dan pengamatan penelitian.

2. Sumber data

Sumber data yang diperoleh oleh penulis adalah informasi mengenai tingkat kesadaran mahasiswa akan permasalahan sampah di lingkungan kampus.

3. Pengumpulan data

Pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah teknik penyebaran kuesioner dan pengamatan penelitian.

4. Pengolahan dan analisis data

Pengolahan dan analisis data yang digunakan oleh penulis adalah data kualitatif. Data kualitatif berupa hasil pengumpulan data berupa kuesioner.

5. Cara penarikan kesimpulan

Cara penarikan kesimpulan yang dilakukan oleh penulis adalah pola pikir induktif.

A.. HASIL PENELITIAN

Hasil penelitian didapat dengan cara kuesioner kepada mahasiswa di lingkungan kampus. Hasil kuesioner yang kami bagikan kepada mahasiswa di lingkungan kampus adalah berupa pertanyaan sebagai berikut:

1.Apakah masalah sampah dilingkungan trisakti sangat menggangu anda ? kenapa ?

2. Seberapa serius kah ototrita kampus dalam menangani masalah sampah yang ada di lingkungan universitas trisakti ? Biasanya jenis sampah apa yang paling banyak dihasilkan setiap harinya ?

3.Apa saja yang sudah anda lakukan dalam menangani masalah sampah yang ada di lingkungan kampus?

4.Kemukakan saran anda agar masalah sampah tidak menjadi momok utama di universitas trisakti

B.. KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mahasiswa masih merasa terganggu dengan banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan kampus, dan sebagian kecil mahasiswa tidak merasa terganggu dengan adanya sampah yg berserakan, selama ini mahasiswa masih memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, dan sebagian lagi masih memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan sehingga sampah menumpuk di pinggir jalan, sudut kampus, dan di sekitar kampus.

Sampah yang dihasilkan di lingkungan kampus kebanyakan adalah jenis sampah kering dan hanya sedikit sampah basah. Sampah kering yang dihasilkan kebanyakan berupa kertas, plastik dan sedikit logam. Sedangkan sampah basah berasal dari guguran daun pohon, dan sisa makanan.

Kebanyakan mahasiswa menganggap pihak otorita kampus kurang perhatian dalam permasalahan sampah, mereka berpendapat kurangnya jumlah personil kebersihan (cleaning service) yang menyebabkan masih banyaknya sampah yang berserakan,

Saran-saran

Setelah memperoleh hasil penelitian maka penulis memberi saran-saran sebagai berikut :

Saran dari kami yaitu :

  1. sebaiknya baik otorita kampus maupun mahasiswa saling mendukung dengan cara menjalankan perannya masing-masing sehingga Efektivitas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Bagaimana Kedisiplinan Mahasiswa dalam Membuang Sampah di Lingkungan Universitas Trisakti berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.
  2. Otorita kampus harus tegas dalam memberikan sanksi terhadap pelanggar yang tidak mematuhi peraturan tersebut.
  3. sebaiknya pihak otorita kampus menambah jumlah personil kebersihan (cleaning service), dan juga menyediakan fasilitas seperti tempat sampah yang memadai di berbagai sudut kampus untuk memudahkan mahasiswa membuang sampah pada tempatnya sehingga pada akhirnya akan menunjang terlaksananya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Bagaimana Kedisiplinan Mahasiswa dalam Membuang Sampah di Lingkungan Universitas Trisakti.

H. DAFTAR PUSTAKA

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2008 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH
okeh segitu aja tugas gw, smoga membantu yanti,,Crazy Rabbit WinkCrazy Rabbit Icon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Archives

Categories

%d bloggers like this: